RIKI SISWANTO

Berpacu menjadi yang terbaik

Blogroll

    free Backlink Auto Backlink ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

REVIEW KULIAH KOMPUTASI BIOMEDIS TENTANG GRAPHICS (IMAGE)

diposting oleh riki-s--fst09 pada 05 June 2012
di Komputasi Biomedis - 4 komentar

Halo halo !

How are you guys?! Hope you always fine

Kali ini saya akan review kuliah komputasi biomedis tentang Graphics(Image). Pasti kalian sudah tahu kan apa itu Image? Image berasal dari bahasa Inggris yang berarti gambar. Bagaimana dan apa itu tentang Graphics? Let’s check it out.

Graphics(Image) merupakan bentuk citra yang terdapat pada komputer yang berbentuk digital. Suatu gambar goresan atau photo tersebut mempunyai grafik koordinat. Akan tetapi grafik koordinat pada sebuah image berbeda dengan grafik biasanya. Biasanya kita melihat sebuah grafik dengan sumbu x yang mendatar dan sumbu y yang tegak. Pada sebuah image tidak seperti itu. Berikut ilustrasi bentuk grafik koordinat.

Image atau gambar diatas mempunyai sebuah ukuran atau yang sering kita jumpai pada komputer yaitu file size. Ukuran gambar atau file size sebuah image bergantung pada pixel. Apakah itu PIXEL? Pasti tidak asing lagi kata-kata PIXEL di telinga kalian. Apalagi sering kita jumpai pada beberapa kamera digital maupun kamera yang ada pada ponsel kita.

PIXEL merupakan bagian terkecil suatu gambar (titik). 1 pixel mengandung 24 bit untuk resolusi 24 bit. Sehingga bila suatu gambar dikatakan N bytes. Maka perhitungan N bytes tersebut didapat dari perkalian pixel pada sumbu X dan sumbu Y serta dikalikan 24 bit.

Seperti contoh gambar dibawah ini

 

 

Gambar diatas menunjukkan bahwa  480KB merupakan perkalian dari 200pixels x 100pixels x 24bit . Sehingga file size image tersebut hasilnya adalah 480KB.

 

Gambar atau image diatas juga mempunyai variasi bentuk data file image. Seperti  JPEG/JPG,BMP,PNG dan lainnya. Sehingga bentuk file image bermacam-macam. Bentuk tersebut bisa saja diubah-ubah akan tetapi merubah atau menghilangkan informasi data.

Berbicara tentang sebuah image atau gambar. Image atau gambar tidak selalu hitam putih akan tetapi mempunyai berjuta-juta warna yang indah. Warna tersebut sangatlah bervariasi. Dalam aplikasi visual pada komputer, komputer dapat mengenali pasti warna apakah itu dengan kode tertentu yang semuanya terdapat pada pemodelan warna yaitu RGB (Red,Green,Blue). Seperti pada tools edit colors pada aplikasi PAINT.

Pada pemodelan RGB, sebuah warna didefinisikan pada sebuah skala. Yaitu antara 0 – 255 . Dengan asumsi bahwa warna putih merupakan campuran dari semua warna dan warna hitam tidak pencampuran warna atau dengan sebutan lain pada skala 0.

 

 

 

 

 

 

 

4 Komentar

irawan pandu

pada : 13 June 2012


"contoh aplikasi kakak dalam dunia kesehatan plis"


THIEARA RAMADANIKA

pada : 13 June 2012


"waahh artikel yang menarik,.,oiya dalam image medis fungsi graphic image itu digunakan pada hal apaa yaa???terima kasih"


RIKI SISWANTO

pada : 01 July 2012


"To Irawan Pandu

Terima kasih atas pertanyaannya .
Aplikasi di bidang medis sangat banyak . Terlebih lagi dalam aplikasi imaging atau citra biomedis. Seperti pada contoh gambar penampang gigi maupun tulang . dari gambar tersebut bisa dilihat intensitas warna dari gigi seorang perokok "


RIKI SISWANTO

pada : 01 July 2012


"To Theara Ramadanika

Terimakasih atas pertanyaannya
Fungsi graphic atau image dalam bidang medis sangat bermacam-macam . Seperti pada imaging yang memerlukan sebuah analisis sebuah gambar . "


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :