RIKI SISWANTO

Berpacu menjadi yang terbaik

Blogroll

    free Backlink Auto Backlink ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

TRANSFORMASI FOURIER

diposting oleh riki-s--fst09 pada 25 June 2012
di Komputasi Biomedis - 0 komentar

Pada kesemapatan kali ini. saya akan mereview kuliah tentang tranformasi fourier bersama Bapak Soegianto Soelistiono . 

Let's check it out !

Transformasi Fourier adalah suatu model transformasi yang memindahkan domain spasial atau domain waktu menjadi domain frekwensi.

Transformasi Fourier merupakan suatu proses yang banyak digunakan untuk memindahkan domain dari suatu fungsi atau obyek ke dalam domain frekwensi. Di dalam pengolahan citra digital, transformasi fourier digunakan untuk mengubah domain spasial pada citra menjadi domain frekwensi. Analisa-analisa dalam domain frekwensi banyak digunakan seperti filtering. Dengan menggunakan transformasi fourier, sinyal atau citra dapat dilihat sebagai suatu obyek dalam domain frekwensi.

            Dalam perkembangan hingga akhir ini, smartphone sangat digandrungi oleh banyak orang. Selain untuk berkomunikasi, smartphone menyuguhkan aplikasi-aplikasi yang sangat bermanfaat dan memanjakan kita. Seperti voice recognizing pada iphone maupun siri pada android. Voice recognizing ini menggunakan analisis sinyal dan pemrosesan sinyal. Yang intinya menggunakan Transformasi fourier.

            Voice recognizing merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan suatu akses pada smartphone kita melalui perintah suara. Seperticontoh waktu kita mau mengirim sms, kita bisa memberi perintah ke smartphone dengan aplikasi siri atau iris tersebut.

            Suara-suara dideteksi menggunakan fourier dalam voice recognizing tersebut. Pada voice recognizing ini, fourier digunakan untuk melakukan proses filter. Manusia memilik frekuensi 2-5 kHz. Sehinnga dengan sistem fourier, frekuensi selain manusia akan di filter . Memang manusia memiliki rentan frekuensi sekitar 2 – 5kHz. Akan tetapi tidak setiap orang frekuensi suaranya sama persis. Sehingga tanpa kita tahu siapa yang berbicara kita sudah mengenal siapa orang yang berbicara tersebut. 

 

Demikian review kuliah ini, terima kasih mohon kritik bila ada kekurangan. :)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :