RIKI SISWANTO

Berpacu menjadi yang terbaik

Blogroll

    free Backlink Auto Backlink ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

Jawaban UAS Komputasi Biomedis Soal Nomor 1

diposting oleh riki-s--fst09 pada 03 July 2012
di Komputasi Biomedis - 0 komentar

 

Dosen : Dr. Ir. H. Anas Soegianto Soelistiono, M.Si

 

“Atas nama Sang Pencipta Jagad Raya, saya RIki Siswanto JUJUR mengerjakan ini..”

 

Soal Nomor 1:

Carilah data dari manapun yang bisa dipakai untuk menjelaskan proses regresi, interpolasi, dan ekstrapolasi beserta analisanya!

Jawaban

REGRESI

REGRESI merupakan sebuah teknik analisis yang memodelkan hubungan diantara variabel-variabel. Yang berupa sebuah grafik yang diperoleh dari sebuah data-data dan didapat sebuah garis lurus yang ditarik dimana akan didapatkan selisih jarak dari masing-masing data yang diperoleh. Berikut data yang saya peroleh :

 

Sumber : Liputan 6 (Mar,2007)

Data diatas saya dapat dari blog.umy.ac.id/zains/2010/12/12/data-statistik-korban-hiv-aids/ . Dimana berita tersebut di update oleh Liputan 6 per Maret 2007

 

Berikut data yang akan saya olah untuk mencari nilai regresinya 

Berikut grafiknya

 

Kemudian dari data tersebut ditampilkan garis linier yang menghubungkan masing-masing data . Sebaran data yang tampak seperti grafik diatas. Dari selisih jarak data ke garis linier itu dicari persamaannya dan yang diperoleh dari regresi data diatas adalah y=4,0734x+255,44

 

INTERPOLASI

Interpolasi merupakan ebuah metode yang digunakan untuk mendapatkan data diantara beberapa data yang diperoleh. Data yang diperoleh harus terhubung antara satu sama lain.

Berikut grafik yang diperoleh


Dari grafik diatas merupakan sebuah data-data jumlah kumulasi penderita AIDS berdasarkan umur. Yaitu mulai dari umur < 1 tahun hingga > 60 tahun . Data yang ingin saya dapat melalui interpolasi yaitu pada umur 14 - 15 tahun . Yakni pada umur 14,5 tahun ingin saya cari berapakah jumlah penderita AIDS. Berdasarkan penghitungan dengan metode Lagrange , jumlah yang didapat sesuai yaitu pada rentan umur 5-14 tahun berjumlah 6 orang. Sehingga pada umur 14,5 tahun dimaksudkan jumlahnya pada rentan 5 hingga 14 tahun . Berikut tabelnya :

 

EKSTRAPOLASI

Ekstrapolasi merupakan suatu metode untuk menentukan atau memperkirakan suatu nilai yang berada diluar interval . secara otomatis data yang tidak diperoleh tidak terhubung atau hanya mendekati garis lurus. Dari pendekatan data yang mendekati garis lurus tersebut ,maka bisa digunakan untuk memprediksi data selanjutnya.

Berikut grafik yang saya peroleh :

Dari sumber data yang saya peroleh . Yaitu pada umur diatas 60 tahun jumlah penderita AIDS sebanyak 25 orang . Dengan metode ekstrapolasi, yaitu untuk mencari data diluar interval, saya ingin mencari nilai jumlah penderita diatas umur 60tahun yaitu pada umur 70 tahun. Dengan Ekstrapolasi, jumlah penderita pada umur 70 tahun yaitu 25 orang. Hal ini sesuai dengan grafik yang didapat. Berikut tabel yang diperoleh :

 

Demikian Tugas UAS Kuliah Komputasi Biomedis . Terima kasih .

 

Source : Liputan 6 (Maret, 2007)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :