RIKI SISWANTO

Berpacu menjadi yang terbaik

Blogroll

    free Backlink Auto Backlink ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

2014, Indonesia Akan Mirip Shanghai

diposting oleh riki-s--fst09 pada 02 November 2012
di Macem Macem - 0 komentar

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan ada dua hingga tiga dari total enam ruas tol dalam kota yang mulai berfungsi pada 2014. "Jadi Jakarta itu nantinya mirip Shanghai," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak di kantornya, Kamis, 1 November 2012.

2014, Indonesia Akan Mirip Shanghai

2014, Indonesia Akan Mirip Shanghai

Ia menjelaskan, dengan dibangunnya enam ruas tol dalam kota, maka Kampung Melayu akan tersambung ke Kalimalang. Untuk lingkar dalam, kata Hermanto, saat ini sudah ada ruas tol Cawang, Tanjung Priok, dan Pluit. Sedangkan untuk lingkar luar, seperti ruas Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2, sedang menjalani proses pembebasan lahan.

Hermanto mengatakan, jika enam ruas jalan bebas hambatan ini sudah berfungsi, kendaraan dari Tangerang dapat menuju Cikunir serta Cikampek melalui Pasar Rebo. Pembangunan ruas-ruas tol tersebut dikerjakan secara bertahap. Kementerian menyatakan akan ada satu jalur khusus untuk busway yang melewati jalan tol. "Misalnya, dari Kampung Melayu nanti bisa keluar di Kemayoran," ujarnya.

Hermanto menjelaskan, di Shanghai, sudah ada tiga ruas tol dalam kota yang berfungsi. Jakarta, kata dia, menyerupai Shanghai. Hanya ruas-ruas tol tersebut belum dibangun saat ini. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo hanya memberi komentar singkat mengenai rencana pembangunan ruas-ruas tol dalam kota tersebut. "Tol dalam kota masih negosiasi," ujarnya. Tapi Hermanto cepat menukas bahwa yang masih dalam negosiasi adalah detail dalam pembangunan tol.

Kementerian Pekerjaan Umum menargetkan pembangunan enam ruas jalan tol layang dalam kota mulai terlaksana pada pertengahan 2013. "Harapannya, perjanjian pengusahaan jalan tol selesai awal tahun depan sehingga konstruksi bisa dimulai pada pertengahan tahun," kata Kepala Badan Pengelola Jalan Tol Achmad Gani Ghazali saat ditemui dalam Rapat Kerja Terbatas 2012 di kantor Kementerian Pekerjaan Umum, dua hari lalu. MARIA YUNIAR Tempo.co

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :